MAKALAH
PENGEMBANGAN KECERDASAN ALAM PADA
ANAK USIA DINI
BAB I
PENDAHULUAN
Sejak dini anak harus di kenalkan dengan alam sekitarnya.pendidikan
menanamkan cinta pada alam dengan menjelaskan manfaat alam yang baik bagi
kehidupan manusia.misalnya,alat transportasi yang menghasilkan asap berbahaya
bagi manusia dapat di buang oleh tanaman hijau.jadi tanaman hijau perlu dijaga
dan dirawat dengan baik untuk mencegah populasi udara.tanaman juga menghasilkan
banyak oksigen yang dihirup manusia,membuat sejuk udara dan eank di pandangan.
Dibanding orang
dewasa,anak-anak lebih mudah menginternalisasikan nilai-nilai dan kebiasaan melestarikan
lingkungan hidup.selain itu nilai yang di peroleh manusia sejak kecil tidak
mudah luntur,ia akan selalu melekat diingatan anak dan akan di ingat anak dan
menjadi referensi kegiatannya sehari-hari saat dewasa nanti.
Pendidikan yang di berikan di sini tidak hanya mengoptimalkan perkembangan otak kiri akan tetapi otak kanan juga.jika hanya otak kiri yang di pacu untuk berkembang ,dengan memberikan pelajaran yang dapat meningkatkan IQ.
Pendidikan yang di berikan di sini tidak hanya mengoptimalkan perkembangan otak kiri akan tetapi otak kanan juga.jika hanya otak kiri yang di pacu untuk berkembang ,dengan memberikan pelajaran yang dapat meningkatkan IQ.
BAB II
PEMBAHASAN
A.Kecerdasan
alam
Sejak dini anak harus
di kenalkan dengan alam sekitarnya.pendidikan menanamkan cinta pada alam dengan
menjelaskan manfaat alam yang baik bagi kehidupan manusia.misalnya,alat
transportasi yang menghasilkan asap berbahaya bagi manusia dapat di buang oleh
tanaman hijau.jadi tanaman hijau perlu dijaga dan dirawat dengan baik untuk
mencegah populasi udara.tanaman juga menghasilkan banyak oksigen yang dihirup
manusia,membuat sejuk udara dan eank di pandangan.
Dibanding orang dewasa,anak-anak
lebih mudah menginternalisasikan nilai-nilai dan kebiasaan melestarikan
lingkungan hidup.selain itu nilai yang di peroleh manusia sejak kecil tidak
mudah luntur,ia akan selalu melekat diingatan anak dan akan di ingat anak dan
menjadi referensi kegiatannya sehari-hari saat dewasa nanti.
Pendidikan yang di berikan di sini tidak hanya mengoptimalkan
perkembangan otak kiri akan tetapi otak kanan juga.jika hanya otak kiri yang di
pacu untuk berkembang ,dengan memberikan pelajaran yang dapat meningkatkan
IQ.dengan tingginya kecerdasan emosi,maka si-anak tidak hanya memikirkan yang
berbau eksak(perkembangan otak kiri) tetapi tidak akan memikirkan sosial,seni,lingkungan.jika
mereka lebih di kenalkan dengan lingkungan maka cinta terhadap lingkungan pun
akan tinggi.[1]
Dengan demikian,dengan pendidikan tentang lingkungan hidup di
berikan pada anak usia dini di harapkan kerusakan lingkungan di masa depan
dapat di cegah melalui keperdulian lingkungan generasi mendatang.karena
perkembangan anak usia 5-6 tahun adalah bermain.maka pendidikan tentang
lingkungan hidup yang akan mengasah kecerdasananak tentang lingkungan hidup
bisa di lakukan dengan berbagai cara yang di sesuaikan dengan kondisi emosi
anak tersebut,diantaranya:
B.MACAM PERMAINAN
1.permainan
Ketika,anak berimajinasi dan mengeluarkan
ide-ide yang tersimpan didalam
dirinya.anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki tentang dunia
dan kemudian juga sekaligus bisa mendapatkan pengetahuan baru,dan semua
dilakukan dengan cara mnggembirakan hati.diantaranya:menanam,panen,memberi
makan ternak,bermain tanah liat,bermain disungai.
2.mewarnai
Mewarnai dengan warna dan bahan dari
alam,dengan,bunga,daun,bahkan bumbu ibu di dapur.kreatifis anak muncul untuk
mencoba waran-warna yang dihasilkan oleh bunga,daun,kunyit,dan lain-lain.mereka
tidak harus mengandalkan sesuatu yang sudah siap jadi dan di pakai,tetapi bisa
,encari dan mencoba.
3.mendongeng
Penutup permainan dapat diisi dengan dongeng
yang bercerita tentang lingkungan yang terdiri dari lakon yang baik dan
jahat.di akhir dongeng,lakon yang baik jadi pemenangnya.,mereka akan tahu bahwa
kebaikan akan mengalahkan kejahatan.
Pengalaman
masa kanak-kanak adalah masa yang indah.mereka akan banyak menceritakan
pengalaman yang mereka dapatkan,dan itu akan membekas dalam hatinya.mereka
harus di biarkan bebas,baik itu bermain,berkreasi,dan merasakan
kekecewaan.karena dari situlah timbul kepekaan dan ketegaran.[2]
BAB
III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan
bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang paling menbahagiakan.banyak hal yang
dapat di lakukan dengan imajinasi,kreatifitas yang mereka miliki.mereka pun
dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan dan dapat mencegah kerusakan
lingkungan dimasa yang akan datang,karena anak usia dini sebagai generasi
penerus kita nanti untuk menjaga alam kita semua.dan lebih mencintai lingkungan
yang ada di sekitar mereka.
B.Saran
Demikianlah makalah ini kami buat kami mengaharapkan kritik dan
saran untuk menyempurnakan makalah ini.semoga dapat menambah pengetahuan
pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
Hurlock, Elizabeth B. PsikologiPerkembangan, terjemahanIstiwidayantidanSoejarwo.
Jakarta: Erlangga, 1996
Musfiroh, T. (2008).CerdasMelaluiBermain, Jakarta: PT
Grasindo
Supriyadi, D. (2001). KreativitasKebudayaan&PerkembanganIptek,
Bandung: Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar