Selasa, 26 Januari 2016

MAKALAH PENGEMBANGAN KECERDASAN ALAM PADA ANAK USIA DINI

MAKALAH
PENGEMBANGAN KECERDASAN ALAM PADA ANAK USIA DINI

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Sejak dini anak harus di kenalkan dengan alam sekitarnya.pendidikan menanamkan cinta pada alam dengan menjelaskan manfaat alam yang baik bagi kehidupan manusia.misalnya,alat transportasi yang menghasilkan asap berbahaya bagi manusia dapat di buang oleh tanaman hijau.jadi tanaman hijau perlu dijaga dan dirawat dengan baik untuk mencegah populasi udara.tanaman juga menghasilkan banyak oksigen yang dihirup manusia,membuat sejuk udara dan eank di pandangan.
 Dibanding orang dewasa,anak-anak lebih mudah menginternalisasikan nilai-nilai dan kebiasaan melestarikan lingkungan hidup.selain itu nilai yang di peroleh manusia sejak kecil tidak mudah luntur,ia akan selalu melekat diingatan anak dan akan di ingat anak dan menjadi referensi kegiatannya sehari-hari saat dewasa nanti.
Pendidikan yang di berikan di sini tidak hanya mengoptimalkan perkembangan otak kiri akan tetapi otak kanan juga.jika hanya otak kiri yang di pacu untuk berkembang ,dengan memberikan pelajaran yang dapat meningkatkan IQ.

                                                                        BAB II
                                                                  PEMBAHASAN
A.Kecerdasan alam
        Sejak dini anak harus di kenalkan dengan alam sekitarnya.pendidikan menanamkan cinta pada alam dengan menjelaskan manfaat alam yang baik bagi kehidupan manusia.misalnya,alat transportasi yang menghasilkan asap berbahaya bagi manusia dapat di buang oleh tanaman hijau.jadi tanaman hijau perlu dijaga dan dirawat dengan baik untuk mencegah populasi udara.tanaman juga menghasilkan banyak oksigen yang dihirup manusia,membuat sejuk udara dan eank di pandangan.
 Dibanding orang dewasa,anak-anak lebih mudah menginternalisasikan nilai-nilai dan kebiasaan melestarikan lingkungan hidup.selain itu nilai yang di peroleh manusia sejak kecil tidak mudah luntur,ia akan selalu melekat diingatan anak dan akan di ingat anak dan menjadi referensi kegiatannya sehari-hari saat dewasa nanti.
Pendidikan yang di berikan di sini tidak hanya mengoptimalkan perkembangan otak kiri akan tetapi otak kanan juga.jika hanya otak kiri yang di pacu untuk berkembang ,dengan memberikan pelajaran yang dapat meningkatkan IQ.dengan tingginya kecerdasan emosi,maka si-anak tidak hanya memikirkan yang berbau eksak(perkembangan otak kiri) tetapi tidak akan memikirkan sosial,seni,lingkungan.jika mereka lebih di kenalkan dengan lingkungan maka cinta terhadap lingkungan pun akan tinggi.[1]
Dengan demikian,dengan pendidikan tentang lingkungan hidup di berikan pada anak usia dini di harapkan kerusakan lingkungan di masa depan dapat di cegah melalui keperdulian lingkungan generasi mendatang.karena perkembangan anak usia 5-6 tahun adalah bermain.maka pendidikan tentang lingkungan hidup yang akan mengasah kecerdasananak tentang lingkungan hidup bisa di lakukan dengan berbagai cara yang di sesuaikan dengan kondisi emosi anak tersebut,diantaranya:


B.MACAM PERMAINAN
1.permainan
   Ketika,anak berimajinasi dan mengeluarkan ide-ide yang tersimpan didalam     dirinya.anak mengekspresikan pengetahuan yang dia miliki tentang dunia dan kemudian juga sekaligus bisa mendapatkan pengetahuan baru,dan semua dilakukan dengan cara mnggembirakan hati.diantaranya:menanam,panen,memberi makan ternak,bermain tanah liat,bermain disungai.

2.mewarnai
   Mewarnai dengan warna dan bahan dari alam,dengan,bunga,daun,bahkan bumbu ibu di dapur.kreatifis anak muncul untuk mencoba waran-warna yang dihasilkan oleh bunga,daun,kunyit,dan lain-lain.mereka tidak harus mengandalkan sesuatu yang sudah siap jadi dan di pakai,tetapi bisa ,encari dan mencoba.
3.mendongeng
   Penutup permainan dapat diisi dengan dongeng yang bercerita tentang lingkungan yang terdiri dari lakon yang baik dan jahat.di akhir dongeng,lakon yang baik jadi pemenangnya.,mereka akan tahu bahwa kebaikan akan mengalahkan kejahatan.
Pengalaman masa kanak-kanak adalah masa yang indah.mereka akan banyak menceritakan pengalaman yang mereka dapatkan,dan itu akan membekas dalam hatinya.mereka harus di biarkan bebas,baik itu bermain,berkreasi,dan merasakan kekecewaan.karena dari situlah timbul kepekaan dan ketegaran.[2]










BAB III
                                       PENUTUP
A.Kesimpulan
     Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa masa kanak-kanak adalah masa yang paling menbahagiakan.banyak hal yang dapat di lakukan dengan imajinasi,kreatifitas yang mereka miliki.mereka pun dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan dan dapat mencegah kerusakan lingkungan dimasa yang akan datang,karena anak usia dini sebagai generasi penerus kita nanti untuk menjaga alam kita semua.dan lebih mencintai lingkungan yang ada di sekitar mereka.
B.Saran
Demikianlah makalah ini kami buat kami mengaharapkan kritik dan saran untuk menyempurnakan makalah ini.semoga dapat menambah pengetahuan pembaca.















DAFTAR PUSTAKA
Hurlock, Elizabeth B. PsikologiPerkembangan, terjemahanIstiwidayantidanSoejarwo. Jakarta:  Erlangga, 1996
Musfiroh, T. (2008).CerdasMelaluiBermain, Jakarta: PT Grasindo
Supriyadi, D. (2001). KreativitasKebudayaan&PerkembanganIptek, Bandung: Alfabeta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar